Kisah Abu Daud - Membeli Surga Dengan Satu Dirham





Imam Abu Dawud Rahimahullah pernah diseru oleh seorang penyeru,

 “Wahai orang-orang yang berada di perahu, sesungguhnya Abu Daud telah membeli surga dari Allah dengan satu dirham.”

Kisah ini diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr dengan sanad jayyid dari Abu Daud Rahimahullah, beliau adalah penulis kitab As-Sunan, bahwasanya ia pernah naik sebuah perahu. 

Ia mendengar seseorang yang bersin di tepi pantai, lalu orang itu memuji Allah (yakni mengucapkan Alhamdulillah).

Maka, Abu Daud menyewa sebuah sampan seharga satu dirham. Lalu ia mendatangi orang yang bersin tadi dan mendoakannya (yakni mengucapkan yarhamukallah), kemudian kembali ke perahu lagi.

Ia pun ditanya tentang hal itu. Maka, ia menjawab,

”Mungkin saja orang tadi adalah orang yang mustajab doanya.”

Ketika orang-orang berbaring, maka mereka mendegar ada yang berseru, “Wahai orang-orang yang berada di perahu, sesungguhnya Abu Daud telah membeli surge dari Allah dengan satu dirham.”

Sumber: Tata Busana Para Salaf, judul asli “Libas Ar-rasul wa Ash-Shahabah wa Ash-Shahabiyat Ajma’in” karya Abu Thalhah bin Abdus Sattar hal. 35-36

Seharusnya kita sebagai seorang muslim mengamalkan sunnah yang satu ini yaitu memuji Allah ketika bersin, dan merupakan seuatu kewajiban bagi yang mendengar pujian muslim yang bersin tersebut untuk membalas pijiannya. 

Ini merupakan hak yang disepelekan oleh kaum muslimin di zaman sekarang yakni ketika ia mendengar seorang mukmin bersin dan ia pun memuji Allah, maka mukmin yang lainnya tidak membalas pujiannya tersebut. padahal ini adalah suatu hak seorang muslim bagi muslim lainnya.

Hal ini sebagaimana Sabda Rasululllah Shallallahu 'Alaihi Wasallam:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ – رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hak muslim kepada muslim yang lain ada enam.” Beliau shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ”(1) Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya; (2) Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya; (3) Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya; (4) Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan ’alhamdulillah’), doakanlah dia (dengan mengucapkan ’yarhamukallah’); (5) Apabila dia sakit, jenguklah dia; dan (6) Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman).” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 216


Semoga Bermanfaat. Barakallah Fikum

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top