Bentuk Karya Tafisr Di Indonesia


Paling tidak ada empat bentuk karya tafsir yang berkembang di Indonesi. Yaitu, terjemahan, tafsir yang menfokuskan pada surat atau  juz tertentu, tafsir tematis, dan tafsir lengkap 30 juz.[1]

a.       Terjemahan

Terjemahan al-Quran pada dasarnya juga melibatkan unsur tafsir, yaitu pemahaman dan interpretasi terhadap ayat-ayat al-Quran meskipun dalam bentuk yang sederhana, terlebih didalamnya juga disertai dengan catatan kaki tentang makna satu ayat.

Karya terjemahan al-Quran yang dihasilkan antara lain al-Quran dan terjemahannya oleh Yayasan Penyelenggara Peterjemahan al-Quran Departemen Agama RI tahun 1967. Al-Quran dan Terjemahannya oleh Redaksi Penerbit Bahrul Ulum pimpinan H. Bahtiar Surin dll.
1.      Tafsir yang menfokuskan diri pada ayat, surat, atau juz tertentu

Kecenderungan lainnya dalam tafsir di Indonesia adaalah tafsir yang menfokuskan pada ayat atau surat tertentu. Surat yang menjadi kecenderungan umum untuk ditafsirkan antara lain, surat al-Fatihah, Yasin dan surat-surat pada juz 30. Hal ini dapat dimaklumi karena surat al-Fatihah, Yasin dan surat-surat di juz 30 merupakan surat-surat yang cukup familiar bagi masyarakat bangsa Indonesia.

Contoh, Tafsir al-Quran karim Surat al-Fatihah karya Muhammad Nur Idris. Tafsir al-Quran karim, Yasin karya Adnan Lubis. Al-Burhan Tafsir Juz Amma karya H. Abdul Karim Amrullah. Al-Hidayah Tafsir Juz Amma karya A. Hasan.

b.      Tafsir Tematis

Karya tafsir yang bercorak tematis, sebetulnya sudah ada sejak masa prakemederdekaan. Hal ini diperkuat dengan adanya temuan tafsir yang berjudul Kitab Faraid al-Quran.akan tetapi karya tafsir model ini eh u berkemabnaihabsat diiikutib an, dipelopori oleh Quraish Shihab dan diikuti oleh penulis lainnya dan juga makin disemarakkan dengan berbagai kajian tematik dari tesis dan disertasi di berbagai perguruan tinggi Islam.
Contoh, Membumikan al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Lentera Hati Kisah dan Hikmah Kehidupan, wawasan al-Quran, dan membumikan al-Quran 2 karya Quraish Shihab. Dalam Cahaya al-Quran: Tafsir Sosial Politik al-Quran karya Syu’bah Asa. Memasuki Makna Cinta karya (2000) karya Abdurrasyid Ridha, dll.

c.       Tafsir Lengkap 30 Juz

Tafisr al-Quran Indoneengay ng membahas secara lengkap 30 jus sesuai dengan mushaf uthmani cukup banyak. Hal ini meunjukkan bahwa Indonesia sebenarnya juga merupakan salah satu ikon peradaban Islam. Karya-karya tersebut antara lain adalah:
·         Turjumul Mustafid
·         Tafsir Munir li Ma’alim al-Tanzil karya Syakh Muhammad Nawawi
·         Tafsir al-Furaqan karya A. Hasan
·         Tafsir Quran Hakim karya Nahnud Yunus
·         Fayd al-Rahman karya Muhammad Shaleh b. ‘Umar al-Samarani
·         Tafsir al-Bayan dan Tafsir an-Nur karaya Teungku Hasbi Ash-Shidiqi
·         Tafsir al-Misbah karya Quraih Shihab




[1] Taufikurrahman, Jurnal, Keilmuan Tafsir Hadis, Volume 2, Nomor 1, juni 2012. Hal. 4

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top