MaSyaAllah! Di Swiss Terdapat Dua Sungai Yang Tak Menyatu Airnya




Ada satu keajaiban alam yang luar biasa di Jenewa, Swiss. Dua air sungai yang beda sumbernya dan berbeda warna, terlihat tidak menyatu. Sungai yang satunya berwarna biru dan satunya lagi berwarna cokelat. Kedua sungai tersebut adalah Sungai Rhone dan Sungai Arve. Keduanya sungainya bertemu di daerah La Jonction, bagian barat Jenewa.



Warna cokelat dari Sungai Arve, berasal dari gletser Lembah Chamonix di rangkaian Pegunungan Alpen yang mengandung banyak lumpur dan tanah. Warna biru dari air Sungai Rhone berasal dari Danau Lehman. Sedangkan  Kedua warnanya seperti dipisahkan oleh dinding pembatas saja. 

Sungai Arve memiliki tingkat endapan lumpur lebih tinggi di dalamnya dibanding Rhona, dan karena itulah kita bisa melihat batasan di antara mereka dengan jelas.



Untuk melihat keajaiban ini, para pengunjung bisa menuju Cool Bridge di Chemin William-Lescaze 29, 1203 Jenewa. Dari atas jembatannya, terlihat jelas dua warna yang sangat jelas dan kontras!

Waktu dari akhir musim semi ke awal musim gugur di Swiss, adalah waktu yang tepat untuk melihat keajaiban alam ini. Sebab saat itu, warna kedua sungainya sedang cerah-cerahnya.



Bahkan kedua sungai ini sangat jelas jika dilihat dari Google Maps, bagi pengunjung yang ingin berfoto disini juga tidak dipungut sepeser pun biaya, cukup dengan berdiri di atas jembatannya dan lansong deh ambil foto-fotonya.



Pertemuan antara dua sungai seperti di atas bukan satu-satunya sungai yang ada di dunia ini, bahkan ada beberapa sungai lain yang juga hampir menyerupai seperti warna sungai di atas coklat dan biru bahkan ada yang berwarna merah dan biru, seperti:

  • Pertemuan Sungai Danube, Inn dan Ilz, Jerman
  • Pertemuan Sungai Alaknanda dan Bhagirathi, India
  • Pertemuan Sungai Mosel dan Rhine, Jerman
  • Pertemuan Sungai Green dan Colorado, Utah, Amerika Serikat
Ketika kita melihat tanda-tanda kekuasaan Allah seperti pertemuan antara dua sungai yang berbeda warna tapi tidak menyatu kita teringat akan firman Allah;

إن في خلق السماوات والأرض واختلا ف الليل والنهار لآيات لأولي الأ لباب

Sesungguhnya dalam penciptaan bumi dan langit dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang orang yang berakal”. (QS. Al-Imran: 190)

Bahwa setiap sesuatu penciptaan bumi dan langit itu terdapat tanda-tanda bagi orang yang selalu memikirkan akan kekuasaan Allah baik di darat di laut, langit dan juga di bumi.

CONVERSATION

1 comments:

Back
to top