Melatih Dan Mendidik Anak Dari Usia Dini Untuk Berilmu Sebelum Beramal


📑 Syaikh Muhammad bin Shalih Al ’Utsaimin rahimahullahu ta’ala menasehatkan :
Semestinya (bagi para orang tua,pent) untuk menalkinkan (melatih,pent) kepada anak-anak akan hukum agama dengan dalil-dalilnya. Seperti contohnya ketika engkau ingin mengatakan kepada anakmu :

✅"Ucapkanlah bismillah sebelum makan dan minum dan ucapkanlah alhamdulillah setelahnya". Maka ketika engkau katakan hal itu kepadanya, tentu tercapailah tujuanmu.
Akan tetapi bila engkau katakan kepada mereka :

✅✅"Ucapkanlah bismillah sebelum makan dan minum dan ucapkanlah alhamdulillah setelahnya, karena Rasulullah ﷺ menyuruh untuk membaca bismillah sebelum makan dan Rasulullah ﷺ bersabda :
” إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنِ العَبْدِ يَأْكُلُ الْأَكَلَةَ وَ يَحْمَدُهُ عَلَيْهَا، وَيَشْرَبُ الشُّرْبَةَ وَ يَحْمَدُهُ عَلَيْهَا “

Artinya :
“Sungguh Allah ﷻ akan meridhoi seorang hamba yang mengucapkan alhamdulillah ketika ia makan dan mengucapkan alhamdulillah ketika ia minum.”

Maka disini engkau akan mendapatkan dua faedah :
1⃣ Faedah pertama.
Engkau melatih anak-anakmu untuk terbiasa mengikuti dalil.
2⃣ Faedah kedua.
Engkau melatih mereka untuk mencintai Rasulullah ﷺ. Dan bahwa Rasulullah ﷺ itu adalah sosok panutan yang harus diikuti serta wajib untuk mengambil bimbingan-bimbingan beliau dalam beragama.

Maka metode seperti ini, banyak dilalaikan oleh sebagian orangtua, dan kebanyakan dari mereka seringnya mendidik anak untuk sekedar mengenal hukum-hukum agama saja, dan tidak mereka mengikat pendidikan (anak-anaknya) dengan sumbernya, yaitu dari Al Qur’an dan Sunnah Nabi ﷺ.
📚 Sumber : Al Qaulul Mufid syarah Kitabut Tauhid (jilid: 2/ hal: 423)
══════ ❁✿❁ ══════
💡لفتة مهمة في تربية الأبناء،،
🔸قال العلامة ابن العثيمين رحمه الله:
« ينبغي أن يلقن الأبناء الأحكام بأدلتها، فمثلا: إذا أردت أن تقول لابنك: سم الله على الأكل، وأحمد الله إذا فرغت؛ فإنك إذا قلت ذلك يحصل به المقصود،
لكن إذا قلت: سم الله على الأكل، وأحمد الله إذا فرغت; لأن النبي صلى الله عليه وسلم أمر بالتسمية عند الأكل، وقال: " إن الله ليرضى عن العبد يأكل الأكلة ويحمده عليها، ويشرب الشربة ويحمده عليها".
إذا فعلت ذلك استفدت فائدتين:
الأولى: أن تعود ابنك على اتباع الأدلة.
الثانية: أن تربيه على محبة الرسول عليه الصلاة والسلام، وأن الرسول صلى الله عليه وسلم هو الإمام المتبع الذي يجب الأخذ بتوجيهاته.
وهذه في الحقيقة كثيرا ما يغفل عنها
؛ فأكثر الناس يوجه ابنه إلى الأحكام فقط، لكنه لا يربط هذه التوجيهات بالمصدر الذي هو الكتاب والسنة».
📚[ القول المفيد على كتاب التوحيد (٤٢٣/٢) ]

✍ #قـناة مــنهاج السنة :

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top